7 Fakta Menarik Tentang Singapura

7 Fakta Menarik Tentang Singapura

Singapura adalah negara kota pulau di Asia Tenggara. Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia dan salah satu yang paling padat penduduknya. Terkenal dengan gedung pencakar langitnya yang menjulang, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa sebenarnya ada batasan ketinggian bangunan. Anda mungkin juga terkejut mengetahui bahwa meskipun struktur baja dan kacanya menjulang tinggi, ini juga salah satu negara paling hijau. Tertarik untuk tahu lebih banyak? Berikut adalah beberapa fakta paling menarik tentang Singapura yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Singapura Adalah Negara Kota

Sebuah negara-kota, biasanya, sebuah negara kecil berpemerintahan sendiri yang ada sepenuhnya dalam batas-batas satu kota. Di seluruh dunia, hanya ada tiga negara kota sejati, Monako, Singapura, dan Kota Vatikan. Pada tahun 1965, Singapura menjadi republik merdeka, kota dan negara berdaulat pada tahun 1965 – ini setelah pengusiran dari Federasi Malaysia.

2. Singapura Padat Penduduk

Dengan sekitar 5.943.546 orang yang terhimpit hanya dalam 270 mil persegi (710 km²), Singapura adalah negara terpadat kedua di dunia setelah Monako. Namun, jika Anda memasukkan wilayah, Makau adalah tempat yang paling padat penduduknya, diikuti oleh Monako dan kemudian Singapura. Ini memiliki kepadatan penduduk 21.681/mi² (8.371/km²).

3. Singapura Memiliki Batas Ketinggian Bangunan

Karena pembatasan kontrol lalu lintas udara, bangunan di Kawasan Pusat Bisnis Singapura tidak boleh lebih tinggi dari 919 kaki (280 meter). Bangunan harus bersih dari wilayah udara di sekitar Lanud Paya Lebar. Inilah sebabnya mengapa empat dari lima gedung tertinggi di negara-kota itu semuanya mencapai 280 meter: The United Overseas Bank Plaza, Republic Plaza, One Raffles Place (sebelumnya OUB Centre), dan CapitaSpring. Ada satu bangunan yang lebih tinggi dari ini – Menara Guoco. Berdiri di ketinggian 932 kaki (284 meter), para perencana harus meminta izin khusus untuk membangun gedung pencakar langit setinggi ini. Terlepas dari batasan ketinggian bangunan ini, Singapura memiliki empat bangunan dalam daftar 100 bangunan hotel tertinggi di dunia dan dua bangunan dalam daftar 100 bangunan tempat tinggal tertinggi di dunia, Singapura juga merupakan rumah bagi Roda Observasi tertinggi ketiga di dunia.

Baca Juga:  6 Hal yang Penting Ketahui Sebelum Anda Berkeliling Dunia

4. Singapura Terdiri Dari 64 Pulau

Mungkin Anda akan terkejut mengetahui bahwa Singapura bukanlah satu pulau besar. Luas daratannya juga mencakup 63 pulau kecil yang mengelilingi pulau utama. Orang-orang hanya tinggal di tiga pulau ini. Angkatan Bersenjata Singapura memiliki tujuh pulau lagi. Pulau terbesar adalah Sentosa, Pulau Tekong, dan Pulau Ubin. Pulau terkecil adalah Pulau Sejarat Kechil. Dengan luas tanah hanya 0,1 ha (0,001 km persegi), itu kecil. Pengunjung Singapura dapat melakukan island hopping dan menyelam di sekitar pulau.

5. Singapura Adalah Rumah Bagi Air Terjun dalam Ruangan Tertinggi di Dunia

Di Bandara Jewel Changi, Anda akan menemukan HSBC Rain Vortex. Mengalir 40 meter ke bawah tujuh lantai dari atap berbentuk kubah, HSBC Rain Vortex adalah air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia. Dikelilingi oleh taman dalam ruangan yang rimbun, saat air turun menjadi layar untuk pertunjukan cahaya yang spektakuler. Tapi itu bukan satu-satunya fakta air terjun yang menyenangkan tentang Singapura. Negara kota ini juga merupakan rumah bagi air terjun buatan manusia pertama di dunia. Dibangun pada tahun 1971, di Jurong Bird Park, air terjun turun 30 meter dan hari ini, tetap menjadi air terjun tertinggi di dalam kandang burung.

6. Singapura Adalah Salah Satu Kota Terhijau di Dunia

Anehnya, mengingat kota ini terkenal dengan gedung pencakar langitnya, hampir setengah dari luas daratan (sekitar 700 kilometer persegi) Singapura berwarna hijau. Ada 350 taman dan kebun yang tersebar di 101 hektar, termasuk hotspot wisata Gardens by the Bay. Di Gardens of the Bay, Anda akan menemukan dua Super Tree Groves tertinggi di dunia – taman vertikal mulai dari 25 hingga 50 meter. Singapura juga merupakan rumah bagi empat cagar alam termasuk Cagar Alam Bukit Timah, yang memiliki lebih banyak spesies pohon daripada seluruh benua Amerika Utara

Baca Juga:  7 Fakta Menarik Tentang Kuala Lumpur, Malaysia

7. Singapura Menggelar Balapan Malam Formula One yang Pertama

Inilah fakta tentang Singapura untuk Anda semua penggemar Formula Satu. GP Singapura pada tahun 2008 – diadakan di Sirkuit Jalan Marina Bay – adalah balapan malam Formula Satu yang pertama. Dan, hingga tahun 2021, Sirkuit Jalan Raya Marina Bay memiliki lebih banyak tikungan (seluruhnya 23 tikungan) daripada sirkuit lain di kalender balapan Formula Satu. Namun, sirkuit di Arab Saudi kini menyandang gelar tersebut. Ini memiliki 27 sudut.